Benchmarking, International Visiting Lecturer, International academic forum on education, and International Symposium on Education

Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan (Kamis- Sabtu, 26-28 September 2024) mengadakan kunjungan studi ke Malaysia (Benchmarking, International Visiting Lecturer, InternationalAcademic Forumon Education, and International Symposiumon Education). Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama akademik dan berbagi pengalaman terkait pengelolaan konseling pendidikan Islam di tingkat internasional. Rombongan yang terdiri dari dosen dan mahasiswa ini berkunjung ke lembaga pendidikan Islam seperti Murtadha Dakwah Centre (MADAD) dan Univesiti Sains Malaysia (USM).
Selama kunjungan peserta mengadakan diskusi panel dan seminar yang menghadirkan
berbagai narasumber termasuk akademisi dan praktisi dalam bidang bimbingan dan konseling pendidikan Islam. Diskusi ini membahas berbagai isu-isu terhangat dalam bidang konseling, kurikulum konseling, serta berbagai pengetahuan keilmuan yang baru yang sedang dibicarakan atau yang sedang menjadi pembahasan dalam bimbingan konseling atau dalam pembahasan keilmuan konseling. Selain itu, peserta rombongan dari dosen Prodi BKPI UINSU melakukan kunjungan studi banding ke unit counseling USM (University Sains Malaysia). Dosen bimbingan konseling melihat bahwa banyak sekali perbedaan yang perlu dijadikan sebagai contoh oleh Prodi BKPI UINSU dalam melakukan proses pelayanan konseling, baik itu di BKPI maupun di laboratorium Al-Irsyad Prodi BKPI. Kunjungan ini ditutup dengan foto bersama dan melakukan rencana tindak lanjut MoA atau rencana untuk melakukan seminar internasional maupun kolaborasi penulisan buku antara dosen UINSU dengan dosen USM, sebagai langkah lanjutan dan memaksimalkan serta memperkuat kolaborasi dalam bidang pendidikan bimbingan konseling lintas Internasional. Diharapkan kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dalam bidang konseling di kedua Negara dan memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas serta wawasan yang lebih baik dimasa depan.